Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja, hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi , dan fungsi atau peranan computer dalam kehidupan.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
II. PEMBAHASAN
- ARSITEKTUR KOMPUTER
- Prossesor
- Memori
- Penyimpanan Sekunder
- Perangkat Input
- Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon kecil yang mengandung puluhan ribu transistor dan komputer elektronik lainnya.
Penyimpanan Primer
Ukuran kapasitas penyimpanan primer :
Byte => 8 bit => Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
Kilobyte => 1024 byte => Awal PC hanya memiki memori 640 byte
Megabyte => 1024 KB => Memori PC pada saat ini berkisar antara 64 - 256 Megabyte
Gigabyte => 1024 MB => Ukuran harddisk yang digunakan berkisar antara 20 - 40 gigabyte
Terabyte => 1024 GB => Database yang sangat besar
Pentabyte => 1024 TB => Penggunaan dimasa datang
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
· RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan
primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
· ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan
sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan
jika listrik padam data tidak akan hilang
· Cache
Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk
membantu RAM biasa dalam proses data.
- PERALATAN INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan
menekan tombol-tombol yang tepat.
2. ALAT PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch
Screen
·
Light Pen
·
Unit
Remote Control
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
- Alat
Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar
terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel
photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical
Character Recognition), OMR (Optical
Mark Reader)
· Alat
Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi
zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4. ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech
recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic
Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
- PENYIMPANAN SEKUNDER
·
Pita
Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk
: Removable dan Non removable
·
Floppy
Disk
·
Piringan
Optik : CD, DVD
·
USB Flash
Disk
·
Smart
Card
·
Kartu
memori
- PERALATAN OUTPUT
Dibagi
menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy, terdiri dari dua jenis :
·
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2.
Hardcopy, terdiri dari :
·
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal,
Pemotong, Format Le bar
·
Computer Output Microfilm (COM)
- SOFTWARE
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
A. Perangkat Lunak Sistem
· Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas
dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
· Ada
tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
1. Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface
antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat
keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam
fungsi dasar sistem operasi :
- Menjadwalkan Tugas
- Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
- Menjaga keamanan sistem
- Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
- Menangani Interrupt
- Menyiapkan catatan pemakaian
3. Penerjemah Bahasa Komputer
-
Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine
language)
-
Bahasa Generasi Kedua, Assembler
-
Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
-
Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL,
memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan
bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam
generasi bahasa keempat :
1.
Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan
model matematika. Contoh : GPSS
3.
Very High Level Language : PASCAL, APL
4.
Graph Generators : paket grafik
5.
Report Writer : COBOL, RPG
6.
Aplication Generators : program aplikasi pembayaran
gaji
B. Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang
sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat
kelompok besar :
-
Paket Aplikasi Bisnis Umum
-
Paket Aplikasi Khusus Industri
-
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas
Organisasi
-
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
- PERANAN PERALATAN I/O DALAM PEMECAHAN MASALAH
- Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
- Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
- Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
- Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.
Komponen dalam computer satu sama lain
saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan baik akan
mengganggu dan membuat computer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.
Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses karena
computer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada
inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU
tidak berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak
bisa berjalan tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung
dan Os pun juga tidak bisa berjalan tanpa adanya CPU. Proses dalam computer perlu untuk kita
ketahui agar kita bisa menggunakan computer secara maksimal sebagai
penunjang kegiatan kita.
IV. DAFTAR PUSTAKA - http://yuda90.wordpress.com/2009/11/04/dasar-pemrosesan-komputer/
- http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar