Sabtu, 29 September 2012

PENGERTIAN AKUNTANSI MENURUT PARA AHLI

Pengertian akuntansi adalah bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.Tapi ada beberapa Pengertian yang berbeda dari tiap ahli berikut petikkannya menurut:

American Accounting Association ( AAA )
Akuntansi itu merupakan :
“Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut “.
Arnold:
Definisi akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk menyediakan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.
C. West Churman:
sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Widjaya Tunggal:
“Akuntansi sering kali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan (language of business) yang berguna untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini merupakan data yang disajikan/diperoleh perusahaan yang bersifat keuangan dan dinyatakan dalam istilah-istilah moneter.

KAM (1990)
Akuntansi adalah suatu seni pencatatan dari transaksi-transaksi keuangan

ACCOUNTING PRINCIPLES BOARD (1970)
Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan tentang entitas ekonomi yang dimaksudkan agar berguna dalam mengambil keputusan ekonomi - membuat pilihan nalar di antara berbagai alternatif tindakan

SUMBER :
http://belajarbisnisinternet.blogdetik.com/review/pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar